Penelitian Tindakan Kelas



1.      
LATIHAN /TUGAS PENULISAN PTK
(PENELITIAN TINDAKAN KELAS )
Identifikasi masalah dalam PTK
a.Masalah  masalah atau kendala kendala yang dihadapi ketika melaksanakan tugas mengajar Fisika di kelas XI IPA
*    Siswa merasa fisika itu pelajaran yang rumit dan menakutkan
*    Siswa kurang aktif dalam pembelajaran fisika
*    Hasil belajar fisika siswa dalam pembelajaran fisika masih rendah
*    Pembelajaran fisika bersifat monoton dan cendrung berpusat pada guru
b. Masalah yang mendesak
*    Siswa kurang aktif dalam pembelajaran fisika sehingga hasil pembelajaran fisika di kelas XI IPA  rendah
c.Alasan masalah tersebut penting untuk segera dicari solusi nya
*    Visi SMAN 1 Tanjung Mutiara Menguasai IPTEK  berlandaskan IMTAQ peduli terhadap lingkungan kompetitif dan berwawasan global maka agar visi bisa dicapai siswa harus aktif dalam pembelajaran fisika sehingga hasil pembelajaran tidak menunjukkan hasil yang rendah akibat nya IPTEK akan dapat dikuasai.Jadi masalah kurang nya keaktifan siswa dalam pembelajaran fisika sehingga hasil pembelajaran fisika di kelas XI IPA  rendah merupakan masalah yang penting untuk segera dicarikan pemecahannya
*    Agar siswa tidak lagi beranggapan pembelajaran fisika rumit dan menakutkan tapi fisika itu GASING ( GAmpang tidak puSING ) maka siswa harus terlibat aktif dalam pembelajaran dan hasil belajar tinggi.Jadi masalah siswa kurang aktif dalam pembelajaran fisika sehingga hasil pembelajaran fisika dikelas XI IPA  rendah merupakan masalah yang penting untuk dicarikan pemecahan nya. 

D Faktor factor penyebab munculnya masalah yang dirumuskan
*    Metode pembelajaran kurang bervariasi
*    Srategi pembelajaran tidak mampu memotivasi siswa untuk aktif sehingga hasil pembelajaran rendah
*    Pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran tidak bervariasi
*    Pembelajaran cendrung berpusat pada guru sehingga siswa kurang terlibat dalam pembelajaran
e. alternatif pemecahan masalah
*    Direncanakan untuk merobah srategi ,model ataupun pendekatan dalam pembelajaran yaitu:dengan scenario pembelajaran sebagai berikut:
Pembelajaran dilakukan dengan kegiatan pendahuluan ,kegiatan inti dan kegiatan penutup.
Pembelajaran dilaksanakan dengan terlebih dahulu penyampaian materi dengan ceramah diskusi ataupun experimen, dalam kegiatan tersebut divariasikan dengan metode penggiliran menjawab pertanyaan .untuk menjawab pertanyaan sebelum kegiatan inti masing masing siswa telah diberi masing masing satu kartu dimana kartu tersebut akan diberi symbol symbol yang sama missal nya gambar tokoh tokoh fisika ,siswa yang mendapat symbol yang sama berarti harus menjawab soal yang sama dengan menjawab pertanyaan secara bergiliran misal nya :dalam menyelesaiakan soal hitungan menggunakan rumus hukum kekekalan momentum sudut  Iₒ ωₒ = I ₐ ωₐ maka siswa yang mendapat kartu dengan simbul sama harus menjawab secara bergiliran besaran apa yang diketahui pada soal ,besaran apa yang di Tanya ,rumus apa yang digunakan sampai kepada memasukkan nilai nilai besaran yang diketahui sehingga akhirnya diperoleh hasil untuk soal tersebut.dengan cara seperti ini siswa diharapkan bisa aktif sehingga hasil pembelajaran meningkat karena mereka terbiasa aktif dalam menjawab pertanyaan secara bergiliran dan diharapkan kartu kartu yang dibagikan kepada mereka diberi simbul symbol tertentu membuat mereka senang untuk belajar dengan senang belajar diharapkan mereka aktif sehingga hasil belajar meninggkat.Pembelajaran diakhiri dengan merangkum materi dan pemberian tugas sebagai kegiatan penutup
Judul: VARIASI KETERAMPILAN BERTANYA DENGAN PENOMORAN SISTEM KARTU UNTUK MENINGKATKAN AKTIFITAS BELAJAR FISIKA SISWA DI KELAS XI IPA 2 SMAN 1 TANJUNG MUTIARA

1 Komentar untuk "Penelitian Tindakan Kelas"

  1. ya uda awak....kadang waktu untuk buat postingan tidak ada...mkasih uda awak...coba coba buat PTK mudah mudahan bermanfaat

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel