Penelitian Tindakan Kelas
1.
LATIHAN
/TUGAS PENULISAN PTK
(PENELITIAN
TINDAKAN KELAS )
Identifikasi masalah
dalam PTK
a.Masalah masalah atau kendala kendala yang dihadapi
ketika melaksanakan tugas mengajar Fisika di kelas XI IPA




b. Masalah yang
mendesak

c.Alasan masalah
tersebut penting untuk segera dicari solusi nya


D Faktor factor penyebab
munculnya masalah yang dirumuskan




e. alternatif pemecahan
masalah

Pembelajaran dilakukan dengan kegiatan
pendahuluan ,kegiatan inti dan kegiatan penutup.
Pembelajaran dilaksanakan dengan terlebih dahulu
penyampaian materi dengan ceramah diskusi ataupun experimen, dalam kegiatan
tersebut divariasikan dengan metode penggiliran menjawab pertanyaan .untuk
menjawab pertanyaan sebelum kegiatan inti masing masing siswa telah diberi
masing masing satu kartu dimana kartu tersebut akan diberi symbol symbol yang
sama missal nya gambar tokoh tokoh fisika ,siswa yang mendapat symbol yang sama
berarti harus menjawab soal yang sama dengan menjawab pertanyaan secara
bergiliran misal nya :dalam menyelesaiakan soal hitungan menggunakan rumus hukum
kekekalan momentum sudut Iₒ ωₒ = I ₐ ωₐ
maka siswa yang mendapat kartu dengan simbul sama harus menjawab secara bergiliran
besaran apa yang diketahui pada soal ,besaran apa yang di Tanya ,rumus apa yang
digunakan sampai kepada memasukkan nilai nilai besaran yang diketahui sehingga
akhirnya diperoleh hasil untuk soal tersebut.dengan cara seperti ini siswa
diharapkan bisa aktif sehingga hasil pembelajaran meningkat karena mereka
terbiasa aktif dalam menjawab pertanyaan secara bergiliran dan diharapkan kartu
kartu yang dibagikan kepada mereka diberi simbul symbol tertentu membuat mereka
senang untuk belajar dengan senang belajar diharapkan mereka aktif sehingga
hasil belajar meninggkat.Pembelajaran diakhiri dengan merangkum materi dan
pemberian tugas sebagai kegiatan penutup
Judul: VARIASI KETERAMPILAN BERTANYA DENGAN PENOMORAN SISTEM KARTU UNTUK MENINGKATKAN AKTIFITAS BELAJAR FISIKA SISWA DI KELAS XI IPA 2 SMAN 1 TANJUNG MUTIARA
ya uda awak....kadang waktu untuk buat postingan tidak ada...mkasih uda awak...coba coba buat PTK mudah mudahan bermanfaat
BalasHapus