Penelitian Tindakan Kelas
1.
LATIHAN
/TUGAS PENULISAN PTK
(PENELITIAN
TINDAKAN KELAS )
Identifikasi masalah
dalam PTK
a.Masalah masalah atau kendala kendala yang dihadapi
ketika melaksanakan tugas mengajar Fisika di kelas XI IPA
Siswa
merasa fisika itu pelajaran yang rumit dan menakutkan
Siswa
kurang aktif dalam pembelajaran fisika
Hasil
belajar fisika siswa dalam pembelajaran fisika masih rendah
Pembelajaran
fisika bersifat monoton dan cendrung berpusat pada guru
b. Masalah yang
mendesak
Siswa
kurang aktif dalam pembelajaran fisika sehingga hasil pembelajaran fisika di
kelas XI IPA rendah
c.Alasan masalah
tersebut penting untuk segera dicari solusi nya
Visi
SMAN 1 Tanjung Mutiara Menguasai IPTEK
berlandaskan IMTAQ peduli terhadap lingkungan kompetitif dan berwawasan
global maka agar visi bisa dicapai siswa harus aktif dalam pembelajaran fisika
sehingga hasil pembelajaran tidak menunjukkan hasil yang rendah akibat nya
IPTEK akan dapat dikuasai.Jadi masalah kurang nya keaktifan siswa dalam
pembelajaran fisika sehingga hasil pembelajaran fisika di kelas XI IPA rendah merupakan masalah yang penting untuk
segera dicarikan pemecahannya
Agar
siswa tidak lagi beranggapan pembelajaran fisika rumit dan menakutkan tapi
fisika itu GASING ( GAmpang tidak puSING ) maka siswa harus terlibat aktif
dalam pembelajaran dan hasil belajar tinggi.Jadi masalah siswa kurang aktif
dalam pembelajaran fisika sehingga hasil pembelajaran fisika dikelas XI IPA rendah merupakan masalah yang penting untuk
dicarikan pemecahan nya.
D Faktor factor penyebab
munculnya masalah yang dirumuskan
Metode
pembelajaran kurang bervariasi
Srategi
pembelajaran tidak mampu memotivasi siswa untuk aktif sehingga hasil
pembelajaran rendah
Pendekatan
yang digunakan dalam pembelajaran tidak bervariasi
Pembelajaran
cendrung berpusat pada guru sehingga siswa kurang terlibat dalam pembelajaran
e. alternatif pemecahan
masalah
Direncanakan
untuk merobah srategi ,model ataupun pendekatan dalam pembelajaran yaitu:dengan
scenario pembelajaran sebagai berikut:
Pembelajaran dilakukan dengan kegiatan
pendahuluan ,kegiatan inti dan kegiatan penutup.
Pembelajaran dilaksanakan dengan terlebih dahulu
penyampaian materi dengan ceramah diskusi ataupun experimen, dalam kegiatan
tersebut divariasikan dengan metode penggiliran menjawab pertanyaan .untuk
menjawab pertanyaan sebelum kegiatan inti masing masing siswa telah diberi
masing masing satu kartu dimana kartu tersebut akan diberi symbol symbol yang
sama missal nya gambar tokoh tokoh fisika ,siswa yang mendapat symbol yang sama
berarti harus menjawab soal yang sama dengan menjawab pertanyaan secara
bergiliran misal nya :dalam menyelesaiakan soal hitungan menggunakan rumus hukum
kekekalan momentum sudut Iₒ ωₒ = I ₐ ωₐ
maka siswa yang mendapat kartu dengan simbul sama harus menjawab secara bergiliran
besaran apa yang diketahui pada soal ,besaran apa yang di Tanya ,rumus apa yang
digunakan sampai kepada memasukkan nilai nilai besaran yang diketahui sehingga
akhirnya diperoleh hasil untuk soal tersebut.dengan cara seperti ini siswa
diharapkan bisa aktif sehingga hasil pembelajaran meningkat karena mereka
terbiasa aktif dalam menjawab pertanyaan secara bergiliran dan diharapkan kartu
kartu yang dibagikan kepada mereka diberi simbul symbol tertentu membuat mereka
senang untuk belajar dengan senang belajar diharapkan mereka aktif sehingga
hasil belajar meninggkat.Pembelajaran diakhiri dengan merangkum materi dan
pemberian tugas sebagai kegiatan penutup
Judul: VARIASI KETERAMPILAN BERTANYA DENGAN PENOMORAN SISTEM KARTU UNTUK MENINGKATKAN AKTIFITAS BELAJAR FISIKA SISWA DI KELAS XI IPA 2 SMAN 1 TANJUNG MUTIARA
ya uda awak....kadang waktu untuk buat postingan tidak ada...mkasih uda awak...coba coba buat PTK mudah mudahan bermanfaat
BalasHapus